Header Ads

Sejarah Keyboard QWERTY

Susunan keyboard komputer hingga smartphone masa kini lebih familiar dengan model Qwerty. Model ini bukan didasarkan pada urutan huruf alfabet.
keyboard Qwerty via https://duragadget.com

Keyboard QWERTY pertama kali dicetuskan oleh Christopher Latham Sholes. Pria yang lahir pada 14 Februari 1819 ini berasal dari Amerika Serikat dan meninggal pada 17 Februari 1890. tetapi apakah Anda tahu bagaimana layout atau susunan tombol keyboard ini bisa dipakai hingga sekarang. Christopher Latham Sholes, editor suratkabar yang tinggal di Milwaukee, Amerika Serikat membuat layout keyboard QWERTY pada awal 1870-an.
 Christopher Latham via wikipedia.com

Tepatnya pada Oktober 1867, Sholes mengajukan aplikasi paten untuk mesin ketik pertama buatannya. Ia tidak bekerja sendiri, melainkan dibantu oleh temannya Carlos Glidden dan Samuel W. Soule.
Christopher pada awalnya membuat tombol keyboarddengan menggunakan huruf abjad berurutan seperti ABCD. Dengan susunan itu, ia mengakui banyak orang yang mudah menggunakan mesin ketiknya karena sudah hafal komposisi abjad.
Namun Christopher akhirnya menemukan masalah yang sangat mengganggu sekali. Susunan tombol keyboard dengan abjad berurutan ternyata menyebabkan mesin ketik sering macet, terlebih saat melakukan penggantian baris. Hal tersebut disebabkan karena terlalu mudah dan cepatnya orang mengetik menggunakan tombol keyboard yang berurutan sesuai abjad.
Masalah yang serius tersebut adalah pada masing-masing tangkaikeyboard selalu berhimpitan dan menyebabkan mesin ketik acapkali macet pada gardan. Akhirnya keyboard besutan Christopher disempurnakan oleh seorang ilmuwan E. Remington yang berhasil mengacak huruf tombol pada keyboard menjadi susunanan yang sekarang disebut dengan Qwerty.Layout QWERTY menjadi semakin populer dengan kehadiran mesin ketik pertama bernama Remington No. 2 pada 1878 yang menampilkan huruf besar dan huruf kecil (upper and lower caseletters). Mesin ketik ini sudah dilengkapi dengan tombol shift.
Ketimbang menempatkan huruf demi huruf dalam susunan alfabetis, Sholes membuat format QWERTY. Konon, layout QWERTY dibuat untuk memperlambat pengetikan, karena bila susunannnya bukan QWERTY, melainkan berdasarkan alfabetis, maka pengetikan dianggap akan menjadi terlalu cepat.
Untuk itulah dibuat susunan tombol QWERTY untuk memperlambat pengetikan. Namun, kabar tersebut diklaim tidak benar, karena susunan QWERTY justru mempercepat jari saat mengetik dan menghindari terjadinya gangguan 'paper jams'.
Dengan membuat pola huruf QWERTY, kertas akan dapat dihantam oleh tinta-tinta huruf secara langsung. Susunan barisan tombol yang satu dengan baris tombol lainnya yang seolah berpola diagonal juga membantu tuas mesin tik agar tidak saling bertabrakan.
Layout QWERTY ini sudah ada sejak 1870-an dan sampai sekarang, keyboard untuk PC maupun keyboard fisik perangkat mobile masih mengadopsi pola QWERTY yang serupa.

keyboard Qwerty via https://duragadget.com

1 comment:

  1. informsi yang bagus gan, kata guru ane juga seperti ini pas dulu di jaman sekolahan. :)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.