Header Ads

Wisata Alam Danau Tambing

Halo sahabat Palu Oke Blog kali ini kita akan membahas salah satu tempat yang lagi hits saat ini. yaitu Danau Tambing.
gambar via : detik.com
 Danau Tambing (bahasa Pamona: Rano Kalimpaa, Rano Tambing; bahasa Inggris: Tambing Lake), adalah sebuah danau yang terletak di desa Sedoa, Lore Utara, Kabupaten Poso. Danau ini terletak pada ketinggian sekitar 1.700 meter dari permukaan laut. Danau Tambing merupakan salah satu bagian dari wilayah Taman Nasional Lore Lindu. Danau ini dikelola oleh Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu dan juga Pemerintah Kabupaten Poso sebagai bagian dari wilayah Kabupaten Poso.
gambar via : wisataindonesia.biz

Danau Tambing, bersama dengan Taman Nasional Kepulauan Togean di Kabupaten Tojo Una-Una dan Kawasan Wisata Tanjung Karang di Kabupaten Donggala, merupakan tiga objek wisata yang sangat vital di Sulawesi Tengah.

Untuk menuju ke danau tambing jarak yang di tempuh yaitu kira-kira 2 sampai dengan 3 jam dengan jarak sekitar 100Km dari pusat kota palu, ibukota sulawesi tengah. dengan pemandangan sebagian besar didominasi oleh kawasan hutan lindung.
Pada 2014, pengunjung objek wisata Danau Tambing masih sekitar 3.000 orang. Pada tahun 2015, tercatat ada sekitar 6.000 wisatawan mancanegara, nusantara dan lokal yang mengunjungi Danau Tambing. Selama bulan Januari hingga Agustus 2016, jumlah pengunjung sudah mencapai 13.000 orang. Hari Sabtu dan Minggu merupakan hari yang mendapatkan paling banyak kunjungan dari wisatawan , termasuk dari mancanegara. (wikipedia.com)
gambar via ; (instagram.com)
 Saat ini terdata ada sekitar 260-an jenis burung. 30 persen di antaranya adalah endemik Danau Tambing. Keberadaan burung-burung inilah yang menjadi daya tarik wisatawan mancanegara untuk berkunjung dan melakukan pengamatan ilmiah.(detik.com)
Yang membuat menarik tempat ini selain pemandangan danau dan hutannya yang sanggat indah, suhu di tempat ini sangat sejuk, bahakan pada malam hari bisa mencapai 10-15 derajat celcius. yang membuat danau tambing ini akan sepert tampak berkabut pada pagi dan sore hari.
Traveler bisa melakukan berbagai aktivitas di Danau Tambing. Selain berkemah, traveler bisa memancing, bersantai dengan hammock (ayunan). Bagi para penggemar burung, traveler bisa melakukan pengamatan burung yang hidup bebas di sekitar Danau Tambing.
Bagi para travel sahabat Palu Oke blog diaharapkan membawa bekal/persediaan yang cukup selama melakukan aktivitas atau perkemahan di kawasan ini karena masih terbatasnya warung atau toko yang tersedia dikawasan ini karena cukup jauh dari pemukiman warga.
Gambar via : (instagram.com)

Dan jagan lupa satu hal yang paling penting. cintai alam kita dengan cara tidak membuang sampah sembarangan apa lagi di sebuah kawasan yang masih sangat alami seperti ini. biasakan untuk membawa kembali semua bekas-bekas atau sisa-sia yang kita pergunakan saat melakukan wisata di tempat ini. ingat kata para anak pecinta alam? jangan meninggalkan apapun kecuali jejak dan jamgan mengambil apappun kecuali gambar.

semoga rtikel ini bermanfaat bagi kita semua. salam Palu Oke Blog. Terimakasih

2 comments:

  1. keren gan, saya juga sdh pernah kesini (y)

    ReplyDelete
  2. wah mantap gan, ane aja blum pernah loh gan. masih terkendala sibuk :D

    ReplyDelete

Powered by Blogger.