Header Ads

Wisata Alam Taman Nasional Kepulauan Togean Sulawesi Tengah

Indonesia!! Negri dengan sejuta pemandangan indah, muai dari gunung, laut, hutan, tebing, semua yang indah-indah ada di indonesia. Dari indonesia kita persempit lagi ke sulawesi. sulawesi adalah salah satu pulau besar di indonesia, bahkan pulau nomor 11 terbesar didunia. dari sulawesi kali ini kamu akan membawa pembaca mengarungi sulawesi tengah khusus nya taman nasional kepulauan togean yang sanagat terkenal dengan wisata lautnya yang indah.

Taman Nasional Kepulauan Togean adalah  sebuah taman nasional di Kepulauan Togean yang terletak di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah yang diresmikan pada tahun 2004. Secara administrasi wilayah ini berada di Kabupaten Tojo Una-una.


Jernihnya laut di kepulauan togean tampak dari atas permukaan laut via hipwee.com

 Kepulauan ini dikenal kaya akan terumbu karang dan berbagai biota laut yang langka dan dilindungi. Beberapa aksi wisata yang dapat dilakukan di Kepulauan Togean antara lain: menyelam dan snorkelling di Pulau Kadidiri, memancing ,menjelajah alam hutan yang ada di dalam hutan yang ada di Pulau Malenge, serta mengunjungi gunung Colo di Pulau Una-una. Wisatawan juga bisa mengunjungi permukiman orang Bajo di Kabalutan.


Dibentuk oleh aktivitas vulkanis, pulau ini ditutupi oleh tumbuh-tumbuhan yang subur dan rimbun, serta dikelilingi oleh formasi bukit karang. Batu karang dan pantai menyediakan tempat bagi beberapa binatang laut untuk tinggal dan berkembang biak, seperti kura-kura hijau.

Taman Nasional Kepulauan Togean merupakan kepulauan yang terletak dalam zona transisi garis Wallace dan Weber dan merupakan gugusan pulau-pulau kecil yang melintang di tengah Teluk Tomini, kawasan TNKT terletak pada koordinat 00o07’43’’-00o65’06” LS dan 121o.51’63’’-1220.44’00” BT, memanjang sekitar 102,7 km, dengan luas daratan kurang lebih 755,4 km2, yang terdiri dari kurang lebih 66 pulau besar dan kecil. Pulau Unauna, Batudaka, Togean, Talatakoh, Waleakodi dan Waleabahi merupakan pulau-pulau besarnya. (via wikipedia.com )

Sebagai bagian dari wilayah Pulau Sulawesi, Kepulauan Togean tercatat dalam daftar wilayah Coral Triangle region Indonesia-Filipina. yang menjadikan pulau togan sebagai salah satu tempat terbaik untuk meliahat terumbu karang.

kepulauan togean termasuk dikawasan coral triangle via hipwee.com
Coral triangle itu merupakan wilayah segitiga perairan laut tropis yang memiliki lebih dari 500 spesies gugusan terumbu karang. Nah wilayah perairan di sekitar Pulau Sulawesi termasuk dalam segitiga ini. Poin pentingnya ialah, kawasan coral triangle merupakan pusat kekayaan hayati bawah laut atau biodiversitas dari seluruh biodiversitas dunia. Serta termasuk kawasan konservasi yang utama di dunia, yang berada di bawah naungan WWF (World Wide Fund for Nature).

Sebagai bagian dari the coral triangle, Togean tercatat memiliki empat tipe terumbu karang. Yaitu Karang Cincin (Atol), Karang Tompoh (Patch Reef), Karang Tepi (Fringing Reef), dan Karang Penghalang (Barrier Reef). Berbagai terumbu karang dengan aneka warna dapat kamu temukan di dalam laut. Sekitar 262 spesies terumbu karang dari 19 Famili tersebar di perairan kepulauan ini, 7 spesies diantaranya adalah spesies endemik Kepulauan Togean.

Kepulauan Togean punya enam pulau besar dan 60-an pulau kecil. Tentu saja ada pulau-pulau paling terkenal dan paling sering dikunjungi wisatawan. Yang paling terkenal di Togean adalah pulau Kadidiri, Poya, Bolilangan, Malenge, Pengempa, dan Una-Una. Sebab, pulau-pulau ini memiliki resort pantai yang nyaman dengan halaman depan pantai berpasir putih dan laut bening yang dihiasi taman karang. Nggak harus bersama pasangan, sendiri pun tetap saja kamu bisa menikmati kedamaian di Togean kok. Di wilayah tepi perairan, kamu juga akan mendapati hamparan rumput pantai yang menjadi tempat mencari makan ikan-ikan dugong. Selain itu juga terdapat hutan mangrove dengan 33 jenis mangrove dari 26 genus dan 21 famili, ada pula beberapa jenis burung yang bersarang di sekitar pantai. Sungguh menakjubkan.


pulau kadidiri via http://anekatempatwisata.com/


pulau bolilanga via .togean.net
Di taman nasional kepulauan togean juga terdapat sebuah danau yang bersisi ubur ubur, ubur-ubur di danau ini tidak sama dngan ubur-ubur pada umumnya, ubur-ubur disni tidak menyengat sehingga kita bisa berang dan bermain bersama dengan ubur-ubur.
berenang bersama ubur-ubur togean.net
 Demikian sekilas tentang Taman Nasional Kepulauan Togean semoga artikel ini dapat membantu untuk kita semua. khusunya bagi yang senang trip-tripan atau melancong ke tempat tempat keren.
alau orang-orang lagi pada ngomongin atau sekadar berbincang mengenai danau yang ada ubur-ubur tak menyengat pasti langsung terucap Danau Kakaban di Kalimantan Timur. Eits, tahan dulu omongannya, Togean juga punya loh! Namanya adalah Danau Mariona. Togean sendiri terletak di Sulawesi Tengah, kabupaten Tojo Una-una. Mungkin lokasi ini masih terasa asing di telinga. Danau yang berwarna kehijauan ini terbentuk akibat suatu proses yang ajaib, ya, ajaib #halah #soktahu.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/jonathanbayus/berenang-bersama-ubur-ubur-tak-menyengat-di-danau-mariona-togean_56ca9340789373c30c8e29a2

2 comments:

  1. Doakan semoga bisa kesini lah amiin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin gan, tempatnya sangat keren loh. sdemoga bisa cepat kesini.

      Delete

Powered by Blogger.