Header Ads

Wisata Pantai Tanjung Karang Palu

Halo sahabat Palu Oke Blog kali ini kita akan membahas satu destinasi wisata pantai yang berada di sulawesi tengah yaitu Pantai Tangjung Karang Pantai Tanjung Karang terletak di kabupaten Donggala, Sulawesi tengah yang dapat ditempuh  dengan berbagai alat transportasi selama kira-kira 30 menit perjalanan dari pusat kota palu, baik menggunakan kendaraan beroda 2 (motor) maupun berroda 4 (mobil). Perjalanan menuju pantai Tanjung Karang tidak akan membosankan karena sepanjang jalan yang dilewati bersisihan dengan pantai yang menyuguhkan pemandangan yang indah. Tata daerah lingkungan yang rapi dan bersih kabupaten donggala membuat mata terkagum-kagum saat melihatnya.
gambar via : republica.com
Pasir putih yang lembut berkilau langsung memantulkan cahaya matahari begitu pertama kalinya menginjakkan kaki di pantai Tanjung Karang, Donggala, Sulawesi Tengah. Air laut nan biru membentang berhiaskan awan putih. Nampak sesekali ombak kecil memecahkan bibir pantai, ditingkahi ayunan perahu nelayan serasa berirama. Siapa sangka, kota kecil yang hanya berpenduduk sekitar 300.000 jiwa ini memiliki obyek wisata bahari yang cukup menarik untuk dikunjungi.
Potensi wisata Tanjung Karang ini juga sangat dimanfaatkan oleh warga setempat dengan menjadikannya sebagai mata pencaharian. Nampak bale-bale yang berjajar di sepanjang bibir pantai untuk bersantai sambil menikmati pemandangan laut lepas. Terdapat pula sebuah resor yang biasa digunakan menginap para wisatawan asing. Prince-John Resor inilah justru salah satu yang memelopori wisata selam. Tempat ini menjadi operator selam bagi wisatawan. Tak heran jika Tanjung Karang lebih terkenal di mancanegera.(tekukpalu.com).

Perairan Tanjung Karang juga memiliki 17 gugusan bunga karang sebagai pelengkap keindahan bawah lautnya. Beberapa diantara nya adalah Irmis block, Natural Reef, Alex Point, Green Wall, Rocky Point, Anchor Reef, House Reef dan lain-lain. Spot-spot penyelaman tersebut terletak menyebar di radius 20 Km-an dan 14 diantara nya berada tak jauh dari garis pantai. Selain dengan menyelam, keindahan bawah laut di Pantai Tanjung Karang juga bisa dinikmati lewat perahu berkaca. Perahu-perahu kayu ini bisa di sewa dengan harga 100 ribu per perahu / jam*. Untuk satu perahu kaca bisa di naiki oleh 10 orang penumpang.

Tak cuma itu, hanya dengan melangkahkan kaki sejauh 5 meter dari garis pantai, wisatawan bisa menggunakan snorkel untuk menikmati biota dan terumbu karang yang menjadi bagian dari spot penyelaman House Reef. Bagi yang gemar memancing, perahu-perahu juga bisa di sewa untuk membawa pengunjung ke wilayah berkarang dengan kedalaman air yang cukup. Kerapu,Yellow Fin Tuna, Baronang dan Kakap adalah jenis-jenis ikan di perairan Tanjung Karang yang kerap menyantap umpan para pemancing. Dan bila beruntung, kawanan lumba-lumba akan menjadi pelengkap pengalaman memancing di Pantai Tanjung Karang.

Selain alasan keindahannya, tempat wisata pantai tanjung karang ini sangat membantu para wisatawan memenuhi keinginannya untuk menghabiskan waktu, dengan menyediakan beragam fasilitas yang memanjakan serta menggoda selera. Untuk tempat beristirahat tersedia Cottage dan Tenda, untuk yang ingin berjeliling disediakan Perahu dan Banana Boat, tersedia juga Perlengkapan berenang, snorkeling serta diving seta makanan dan minuman untuk mengganjal perut yang lapar.
Cottage yang disewa dengan harga yang bervariasi, tergantung fasilitas yang ada di dalamnya. Harganya berkisaran Rp.100.000-Rp.500.000. Tapi, jika hanya datang sendiri ataupun berdua, menyewa tenda adalah hal yang tepat untuk dilakukan karena hanya membutuhkann budget yang sedikit, sebesar Rp. 50.000.
gambar via : indonesiana.com
Jika sehabis mandi merasakan lapar atau haus, berbagai jenis makanan dan minuman tersedia, diantaranya nasi kuning, pisang goreng, bakso, mi kuah, mi goreng, nasi goreng, ikan bakar, sayur. Sementara, untuk minuman tersedia soft drink dengan pilihan yang cukup lengkap, pememesan kopi ataupun teh dapat dilakukan di sini.

Demikian gambaran tentang sketsa perjalanan, transportasi yang dapat digunakan untuk bisa sampai ke tempat wisata pantai Tanjung Karang, Donggala, Palu, Sulawesi Tengah serta beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di sana. Beberapa fasilitas telah digambarkan yang disertai harga yang perlu dikeluarkan. Semoga bisa menjadi sumber informasi bagi yang ingin merasakan keindahan pantai dan surga bawah laut.
Demikian artikel tentang wisata pantai Tanjung Karang di Donggala Sulawesi Tengah semoga dapat bermangfaat bagi kita semua.

8 comments:

  1. jadi pengen ke palu tapi gk ada uang haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan menabung gan. nanti ane bimbing kalo udah disini gan :D

      Delete
  2. Menarik buat dikunjungi tuh gan...
    Jadi makin tau kalau Indonesia itu kaya akan objek wisata yang menarik.

    ReplyDelete
  3. pantainya sangat keren sekali, palu memang salah satu surga wisata indonesia

    ReplyDelete
  4. Sangat indah banget.. kapan ya bisa kesini, lihat airnya jernih gini bawaan nya ingin mandi :D

    ReplyDelete
  5. Wah manteb banget yaki n pantai tanjung karang, emmm pantai pasir putih yang indah namun fasilitasnya lumayan menguras kantong hehehe

    ReplyDelete
  6. Waaahh.... keren banget pantainya, airnya biru dan jernih.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.