Header Ads

Paralayang Matantimali

 
 

Metrosulawesi.com- MATANTIMALI, seperti itulah orang mengenalnya. Sebuah lokasi di pegunungan di sudut Kota Palu. Pegunungan ini menjadi salah satu pilihan masyarakat Kota Palu untuk mengisi waktu berakhir pekan, khususnya bagi mereka penikmat keindahan alam.
Tak hanya sebagai tempat mengisi waktu berlibur saja, pegunungan ini juga merupakan salah satu tempat terbaik untuk melakukan paralayang. Matantimali yang terletak sekitar 2 kilometer dari Desa Wayu, Kecamatan Kanivaro, Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah, atau sekitar 30 kilometer arah selatan Kota Palu ini juga sudah sering diadakan ivent lomba paralayang.

Lokasi ini pernah di jadikan tempat pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XVII 27 juni sampai dengan 5 juli 2008 lalu di Kalimantan Timur dimana cabang olahraga paralayang dilaksanakan dilokasi ini. Jadi, bagi kamu yang gemar olahraga petualangan khususnya di bidang dirgantara paralayang, matantimali adalah pilihan yang tepat.
Matantimali adalah nama sebuah desa di atas pegunungan Verbek, berada di sisi kiri dari puncak Gunung Gawalise. Matantimali berada di ketinggian kurang lebih 1.500 mdpl.
Konon, dulu daerah ini merupakan salah satu tempat bagi penjajah Belanda untuk membangun pos pemantau karena posisinya yang strategis.
Merupakan salah satu lokasi paralayang terbaik di dunia, di sini pengunjung juga bisa merasakan indahnya alam serta menikmati terpaan angin yang berhembus ke lereng gunung yang menyebabkan turbulensi yang dimanfaatkan paralayang.
Pemandangan sekeliling yang indah dapat dinikmati di Matantimali, panorama alam pegunungan Gawalise yang menawan dan hamparan lembah Palu tersaji untuk memanjakan mata.
Di Matantimali, ketika menjelang pagi anda bisa menyaksikan langsung matahari terbit (sunrise). Langit yang menguning di hiasi matahari yang muncul secara perlahan di balik bukit jauh di ufuk timur memberikan pengalaman berlibur yang takkan terlupakan.
Saat malam hari, teluk Palu juga terlihat sangat jelas. Kota Palu pada saat malam juga menampakan tampilan yang memesona dengan hiasan kerlap kerlip lampu Kota Teluk itu.
Saat menjelang siang, di tempat ini anda juga akan kembali disuguhi pemandangan yang sangat menakjubkan. Anda bisa menikmati pantulan matahari yang terpancar di sepanjang sungai Palu.
Selain itu, dari Matantimali Anda bisa melihat ke segala penjuru Kota Palu mulai dari ujung utara hingga ke dataran Kulawi yang jauhnya sekitar kurang lebih 100 kilometer dari Kota Palu. 




gambar via : unikpalu.com


No comments

Powered by Blogger.